Jumat, 27 Juli 2007

Ulasan Fundamental

Pada perdagangan malam ini yen berhasil menguat tajam terhadap major currency dipicu oleh jatuhnya global equity dan para investor kembali buy back yen setelah dalam beberapa pekan terakhir mengalihkan dananya keluar Jepang (capital outflow). Isu carry trade yang selama ini terus menghantam yen mulai mereda. Adanya dukungan dari salah satu pejabat BOJ Tadao Node yang berkomentar terus memonitor melemahnya yen terhadap major currency turut pula mendongkrak yen hari ini.

Euro sedikit menguat hari ini dipicu menurunnya data durable goods orders AS dan new home sales dibawah perkiraan sebelumnya. Sedangkan menurunnya data Ifo Jerman 106.4 tidak terlalu berdampak banyak dipasar. Fokus pasar cenderung ke sektor kredit perumahan dan subprime mortgage.

Poundsterling kembali melanjutkan koreksinya terhadap dollar karena didorong oleh naiknya data sektor perumahan U.K hanya sebesar 0.1 persen dan merupakan kenaikan terkecil sejak April 2006. Penurunan streling hari ini disinyalir adanya aksi profit taking oleh para pelaku pasar yang selama ini berhasil memanfaatkan tingginya suku bunga U.K dengan melakukan aksi buying secara masive atau dikenal dengan aksi carry trade.

Tidak ada komentar: