Jumat, 10 Agustus 2007

Ulasan Fundamental

Yen kembali menunjukkan supremasinya terhadap mata uang utama dunia setelah BNP Paribas membekukan asset-asetnya sehingga membuat panic pasar keuangan.
Investor kembali memburu nilai mata uang yang mempunyai suku bunga rendah seperti yen dan swissy karena dianggap sementara mempunyai tingkat keamanan investasi lebih baik.
Kepanikan terjadi sehingga tercatat 3 bank sentral menyuntikan dananya ke pasar keuangan, seperti European Central Bank dengan nilai $ 130.6 milyar, the Federal Reserve dengan nilai $ 24 milyar dan Bank of Canada dengan nilai $ 1.55 milyar, dimana suntikan dana ini untuk menenangkan pasar setelah BNP Paribas membekukan asset-asetnya terkait permasalahan kredit macet di AS.
Data-data ekonomi serasa tiada artinya kembali yang biasanya menggerakan pasar keuangan, dimana sentiment lebih terasa disebabkan pembekuan asset. Dollar sendiri bisa menguat tajam terhadap euro dan sterling setelah bursa Wall Street tergelincir hebat semalam sehingga kebutuhan akan dollar sangat tinggi.
Aksi ini lebih condong pada pengamanan sementara investasi dari para investor di saham dialihkan kepada mata uang atau obligasi yankee’s dan samurai bond. Hal ini sudah biasa untuk meredam aksi carry trade di pasar.
Fokus event yang dapat mempengaruhi pasar keuangan di Jum’at seperti Industrial production Jepang, consumer confidence Jepang, GDP & CPI Italia, import & eksport price AS, monthly budget statement AS.

Tidak ada komentar: