Kamis, 05 Juli 2007

BI Potong BI Rate Hingga 8.25%, Rupiah Kembali Depresiasi

BI akhirnya mengumumkan keputusan untuk melakukan pemotongan suku bunga BI rate sebesar 25 bps menjadi 8.25% hari ini di Jakarta (05/07). Penurunan tingkat bunga BI rate ini adalah yang ke-13 kalinya sejak Mei 2006. Tindakan ini dilakukan BI untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi setelah inflasi di Indonesia berkurang.

Pemotongan BI rate ini diharapkan akan membuat bank-bank swasta dalam negeri juga turut menurunkan suku bunga pinjaman mereka dan membantu pemerintah mencapai angka pertumbuhan ekonomi 6.3% pada tahun ini. Inflasi Indonesia turun mencapai titik terendah dalam tujuh bulan pada bulan Juni ini.

Inflasi pada bulan Juni tercatat sebesar 5.8% (y/y). BI juga mengharapkan peningkatan harga pada tahun ini berada pada kisaran 5 – 7%, dan diperkirakan inflasi akan berada di bawah angka 6% untuk tahun ini.

Dengan adanya pengumuman tersebut, rupiah kembali melanjutkan depresiasinya terhadap dolar AS. Rupiah melemah 0.4% menjadi 9,040 dibandingkan 9,025 sebelum pengumuman pemotongan BI Rate tersebut. Analis meprediksi depresiasi rupiah akan berlanjut hingga 9,100 akhir minggu ini. (IA)

Tidak ada komentar: