Kamis, 05 Juli 2007

Pasar AS Libur, Dolar Tegantung Pergerakan Mata Uang Lainnya

Setelah dalam 2 hari berturut-turut melemah cukup drastis terhadap mata uang major, dalam perdagangan periode ini rally dollar pada sesi Asia dan Eropa menyebabkan dollar stabil terhadap yen dan poundsterling; menguat terhadap mata uang major lainnya. Masih dipengaruhi ekspetasi peningkatan suku bunga dari Bank of England minggu ini dan dalam bulan-bulan mendatang, spekulasi pembelian poundsterling menjelang sesi Eropa menyebabkan poundsterling mencapai level tertinggi baru dalam 26 tahun di 2,0197. Hasil data ekonomi Amerika tikda begitu mempengaruhi pergerakan bursa saham dan mata uang. Hasil Factory Orders yang sedikit lebih baik sepertinya mengimbangi sentimen pasar terhadap Pending Home Sales yang lebih buruk. Menjelang libur memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat, pasar obligasi dan pasar saham ditutup lebih awal sehingga mempengaruhi turunnya volume perdagangan forex sesudah tengah hari waktu New York.


Demand terhadap obligasi pemerintah sepertinya telah berkurang dengan rebound-nya bursa-bursa saham di Eropa, Inggris dan Amerika kemarin. Libur pasar Amerika memperingati Independence Day akan mempengaruhi turunnya volume perdagangan, yang berpotensi volatiliti tinggi kalau ada institusi keuangan besar yang menggunakan kesempatan ini. Sebagian analis melihat Reserves Bank of New Zealand akan kembali mencoba melemahkan nilai mata uangnya dengan menjual kembali milyaran dollar Selandia Baru ke pasar internasional. RBNZ telah melakukan hal ini saat pasar Australi libur pada 11 Juni lalu.

Reserves Bank of Australia mengakhiri rapat kebijakannya pagi ini tanpa merubah tingkat suku bunganya di 6,25%. Sedikit rally dollar Australi terjadi setelah neraca perdagangan untuk bulan Mei menunjukkan defisit perdagangan Australi lebih baik dibanding April.

Bank of England memulai rapat kebijakannya sore ini dengan pasar telah memperhitungkan adanya peningkatan suku bunga sebesar 25 basis poin sebagai keputusan rapat yang akan diumumkan besok sore. Fundamental Inggris dan Eropa hari ini sepertinya kurang mendukung adanya rally terhadap dollar, walau ada kemungkinan pasar akan kembali mengabaikan fundamental dan berspekulasi adanya peningkatan suku bunga lagi dalam bulan-bulan mendatang dari BOE dan ECB.

Tidak ada komentar: