Kamis, 05 Juli 2007

Euro Di Sekitar Rekor Tertinggi Terhadap Dolar dan Yen

Hari ini (05/07) euro diperdagangkan pada kisaran tertinggi terhadap dolar AS dan yen. Penguatan mata uang zona Eropa tersebut didorong oleh spekulasi bahwa ECB akan kembali mengisyaratkan peningkatan suku bunga seteidaknya sekali lagi pada tahun ini. Hari ini ECB akan mengadakan rapat untuk menentukan pergerakan tingkat suku bunga zona Eropa. Pada pengumuman rapat hari ini diprediksi bahwa ECB akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga pada level 4%.

Akan tetapi pergerakan yield investasi lain, seperti obligasi pemerintah, di Negara-negara zona Eropa yang semakin meningkat beberapa bulan belakangan, memberikan kemungkinan yang cukup besar bagi tingkat bunga untuk kembali meningkat. Ditambah pula, inflasi zona Eropa yang masih terhitung tinggi membuka peluang peningkatan bunga semakin besar. Euro telah mengalami penguatan terhadap dolar As sebesar 3.2% tahun ini akibat meningkatnya perbedaan yield obligasi pemerintah AS dan Jerman.

Euro-dolar diperdagangkan pada 1.3616 hari ini, naik dari level 1.3613 yang tercapai kemarin, dan sangat dekat pada kisaran tertingginya pada 1.3681 yang dicapai 27 April lalu. Sementara itu, euro-yen diperdagangkan pada 167.10, naik dari 167.04 pada penutupan kemarin. Euro-yen juga sangat mendekati rekor tertinggi sepanjang masa yang tercapai pada 167.18 tanggal 3 Juli lalu.

Tidak ada komentar: