Kamis, 05 Juli 2007

Sterling Melonjak, BOE Umumkan Kenaikan Suku Bunga Menjadi 5.75%

Salah satu data yang ditunggu-tunggu hari ini (05/07), yaitu suku bunga Inggris, baru saja diumumkan. Sesuai ekspektasi pasar, Bank of England umumkan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 5.75%. Peningkatan ini merupakan yang ke lima kalinya dalam tahun ini.

Peningkatan harga rumah dan belum adanya tanda-tanda yang kuat bahwa perekonomian sudah merespon pengetatan sebelumnya membuat Mervyn King dan 8 anggota Monetary Policy Committee dari Bank of England putuskan kenaikan suku bunga pada sore ini.

Pasca pengumuman tersebut streling melonjak menguat setelah bergerak sideways sejak kemarin, tampak bahwa investor memang masih menunggu kepastian akan suku bunga tersebut. Sterling melonjak ke level $2.0196 mendekati level rekor tertingginya, dari posisi $2.0125 sebelum pengumuman, menguat sebesar 71 poin. Terakhir terpantau sterling berada di posisi $2.0197 terhadap dolar.

Cukup banyak data AS yang akan diumumkan malam ini, salah satunya adalah ADP Non-farm employment change yang mungkin akan menggerakkan dolar baik terhadap sterling maupun mata uang kuat lainnya. Resisten terdekat sterling saat ini adalah di level 2.0210 lalu 2.0230, sementara support terdekat adalah di level 2.0150

Tidak ada komentar: