Kamis, 05 Juli 2007

Libur kemerdekaan AS, pergerakan tipis

Jakarta,(05,07) – Liburnya pasar keuangan AS sangat mempengaruhi pergerakan mata uang dunia, dimana pergerakan serta volume perdagangan sangat kecil. Tiadanya data-data ekonomi AS ataupun kejadian-kejadian yang ada seperti penyerangan teroris di Glasgow, membuat pasar keuangan dunia tak bergairah.
Data-data ekonomi Inggris seperti harga rumah dan aktivitas jasa tidak membuat sterling melejit karena investor masih melihat pertemuan Bank of England nanti sore. Pun demikian dengan euro, meski data penjualan retail Uni Eropa tidak membuat euro bergerak banyak karena investor keuangan masih menanti hasil dari pertemuan European Central Bank nanti sore.
Focus pergerakan mata uang di Kamis adalah penentuan kebijakan moneter dari Inggris dan Uni Eropa. Kalo BoE rate nampaknya akan naik sehingga sterling dapat menguat tajam. Namun hati-hati pula terhadap pergerakan kontranya. Sedangkan ECB rate nampak tidak akan berubah moneternya, namun perlu diperhatikan adalah pernyataan dari pimpinan ECB Jean-Claude Trichet yang akan memberi pernyataan sesaat berakhirnya meeting ECB.
Dollar sendiri akan bergerak dalam tekanan karena data jobless claims menunjukkan kenaikan dan data aktivitas jasa AS akan terkontraksi atau turun.

Tidak ada komentar: